Tuesday, February 15, 2011

Tari Saman, Budaya Indonesia Asal Aceh



Tari Saman merupakan salah satu tari daerah yang paling terkenal dari Aceh saat ini. Tarian ini berasal dari Dataran Tinggi Gayo Tengah. Tari Saman penggunaan puisi Arab dan bahasa Aceh. Di masa lalu, Tari Saman biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa - peristiwa penting dalam adat dan masyarakat Aceh. Selain itu, tarian ini biasanya juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad. Bahkan nama "Samantha" diperoleh dari salah satu ulama besar Aceh, Syech Saman.
 
Tari Saman biasanya ditampilkan menggunakan iringan alat musik, drum dan menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha, dan melemparkan tubuh mereka sebagai sinkronisasi dalam arah yang berbeda. Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang biasanya disebut Syech. Karena keseragaman formasi dan ketepatan waktu adalah suatu keharusan dalam tarian, para penari wajib memiliki konsentrasi tinggi dan latihan serius untuk tampil sempurna. Tarian ini dilakukan dalam kelompok, menyanyi dengan duduk berlutut tanpa iringan musik.


Karena gerak dinamis, tarian ini banyak dimainkan oleh laki-laki, tapi sekarang perkembangan tarian ini telah dimainkan oleh penari wanita, banyak serta campuran antara penari pria dan penari wanita. Tarian ini adalah menari sekitar 10 orang, dengan rincian 8 penari dan 2 sebagai pemberi isyarat sambil bernyanyi.



sumber artikel : Tari Saman, Budaya Indonesia Asal Aceh
jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger