Wednesday, February 2, 2011

Penemuan Jenglot Gegerkan Warga Bantul

imageWarga Dusun Jaten, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Senin (27/8) digegerkan dengan penemuan benda yang disebut jenglot. Jenglot yang bentuknya menyerupai manusia berukuran mini itu, kali pertama ditemukan oleh tiga penambang pasir di Sungai Progo yang melintasi Dusun Jaten.
Saat ditemukan benda asing itu tersangkut pada selang penyedot pasir. "Kali pertama kami melihat benda asing itu, tersangkut pada selang penyedot pasir sungai sekitar pukul 11.00 WIB. Semula, kami mengira benda itu semacam udang. setelah didekati, ternyata benda asing itu serupa patung manusia jenis kelamin laki-laki dengan rambut panjang," kata Yanto (50), salah seorang penambang pasir.
"Rambutnya beruban dan panjangnya sekitar 30 centimeter. Rambut itu melilit pada selang," katanya. Selain berambut panjang, jenglot juga memiliki sepasang taring di kedua sudut bibirnya. Adapun dari kedua tangannya, menyembul sepuluh jari mungil berkuku panjang. Kuku panjang, lanjut dia, juga terlihat pada sepuluh jari kakinya.
Kabar ada jenglot yang ditemukan, langsung tersiar dari mulut ke mulut dan menjadi tontonan penduduk. Warga yang penasaran hilir mudik melihat jenglot yang dimasukkan dalam toples.
Bahkan, Kapolsek Pajangan AKP Darwis beserta sejumlah anggotanya turut mendatangi lokasi untuk melakukan pengamanan. "Tadi rencananya mau diamankan di Polsek. Tetapi melihat besarnya animo masyarakat yang hendak menyaksikan, tentu Polsek akan kewalahan melayani pengunjung," katanya.
Saat ini jenglot tersebut diserahkan kepada warga. Dengan harapan, jenglot tersebut bakal memberikan keuntungan bagi warga setempat. "Asalkan dikelola dengan baik dan benar. Sumbangan sukarela dari penonton bisa dimanfaatkan untuk kepentingan warga setempat," ujarnya.


sumber
◄ Newer Post Older Post ►
 

© BBC.WEB.ID Powered by Blogger